Minggu, 21 Juli 2013

Rush vs Terios


Mobil ini sebenarnya tidak masuk ke dalam kategori mobil keluarga atau yang sering disebut dengan MPV. Karena tinggi jarak dari tanah dan ukuran ban yang digunakan berukuran besar, sebenarnya mobil ini masuk ke dalam kategori SUV atau jeep perkotaan namun Daihatsu menyebutnya sebagai Family SUV karena memiliki kemampuan menampung 7 penumpang sekaligus walaupun sebenarnya mobil ini di desain tidak untuk menampung 7 penumpang.
Mobil ini memiliki suspensi yang nyaman meskipun mengakibatkan pengendalian yang agak limbung dan body roll tinggi, kesenyapan mobil terhadap suara luar dan suara mesin juga cukup baik. Di segi entertainment kita disuguhkan oleh audio integrated yang dapat memutar MP3, CD saja, tidak ada koneksi seperti USB atau AUX in. Untung saja kita diberikan kemudahan kontrol audio melalui setir dan hal ini juga dapat kita temuka di Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.
Bicara tentang penumpang belakang sebenarnya ini sedikit kurang mengenakan terutama dari sisi ruang kaki yang cukup sepit untuk orang dewasa. Hal itu diperparah dengan absennya sandaran kepala untuk penumpang belakang, untungnya mobil ini cukup tinggi dan penumpang belakang tidak perlu bersentuhan dengan atap plafon. Masih seputar kursi belakang yang dipaksakan, bagasi Daihatsu Terios juga ikut terkikis ketika mobil ini.
Untungnya bagi penumpang belakang tersedia AC Double Blower yang terletak diatas plafon untuk menjangkau penumpang paling belakang. Jadi tidak perlu mengeluh bahwa mobil ini sangat memaksakan untuk menjadi SUV. Bicara tentang mesin, mobil ini dibekali mesin yang sama dengan Daihatsu Luxio dan Toyota Avanza 1.500 cc. masih tetap irit dan bandel. Hanya saja akselerasi mobil dirasa kurang begitu cepat karena bobot mobil yang lebih berat dan ukuran ban yang besar menghambat akselerasi mobil. Oh iya, untuk anda yang ingin membeli mobil ini juga diberikan Free GPS oleh Daihatsu.
Kelebihan Daihatsu Terios/ Toyota Rush:
    • Ground Clearance tinggi
    • Mesin 1.500 cc yang irit dan senyap
    • AC Double Blower
    • Suspensi nyaman
Kekurangan Daihatsu Terios/ Toyota Rush:
    • Pengendalian limbung + Body Roll
    • Leg room penumpang belakan
    • Bagasi
    • Akselerasi mesin

Tidak ada komentar: